Adalah suatu program pembelajaran yang disusun untuk
membantu peserta didik yang berkebutuhan khusus sesuai dengan kemampuannya. Program
ini terbagi atas dua (2) hal yaitu: Program jangka panjang dan program jangka pendek.
Pada program pembelajaran individual (PPI) mencakup kurikulum dan penempatan
untuk peserta didik yang berkebutuhan khusus, serta berbagai aspek yang terkait
orang tua dan lembaga yang terkait (Amin,1995).
Berdasarkan pengertian diatas pada dasarnya program pembelajaran
individual (PPI) merupakan suatu model layanan pembelajaran yang dapat diberikan
kepada peserta didik berkebutuhan khusus yang belajar bersama-sama dengan anak
normal di sekolah reguler. Penyusunan program pembelajaran individual (PPI)
melibatkan guru, orang tua dan para ahli yang terkait
.
Program pembelajaran individual (PPI) merupakan suatu
sistem yang menyatakan di mana anak berada, ke mana tujuannya, bagaimana
mencapai tujuan itu, dan bagaimana menyatakan pencapaian tujuan tersebut (Howard and Orlandsky, 1986: 51). Program pembelajaran individual (PPI) adalah
suatu program yang dikembangkan khusus mencocokkan kemampuan dan kebutuhan anak
berkebutuhhan khusus.. Rencana tersebut mencakup baik kurikulum bagi siswa,
penempatan siswa serta berbagai aspek lain yang terkait dan pendidikan yang
mengintegrasikan antara ilmu, agama, pandangan hidup dan seni.
Untuk lebih lanjut contoh dan penjelasannya dapat dilihat:
Adapun bentuk contohnya seperti berikut;
PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDU
( PPI )
1. Identitas siswa
Nama : ...................
Kelas
: 1 SD
Usia : ............... Tahun
Jenis Kesulitan :
Tunagrahita sedang
2. Kekuatan dan lemahan
Kekuatannya dan kelamahan:
Mampu diajak
berkomunikasi. Namun, kelemahannya tidak begitu mahir dalam menulis, membaca,
dan berhitung. Tetapi, ketika ditanya siapa nama dan alamat rumah akan dengan
jelas dijawab. Mereka juga dapat belajar namun dengan sedikit pengawasan.
Begitu pula dengan perlindungan diri dari bahya. Sedikit perhatian dan
pengawasan dibutuhkan untuk perkembangan mental dan sosial.
3. Standar Kompentensi dan Kompetensi Dasar
Standar Kompetensi;
1.
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan
sampai 20
Kompetensi Dasar
1.3 Melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan sampai 20
4. Indikator
Menjumlahkan bilangan 1 sampai 5
Mengurangkan bilangan 1 sampai 5
5. Tujuan pembelajaran
Dengan menggunakan media-media yang sudah di siapkan oleh guru
Siswa mampu menjumlahkan bilangan 1-5 dengan benar.
Siswa mampu mengurangkan bilangan 1 -5 dengan benar.
6. Strategi pembelajaran ( materi, media, tempat, waktu,
evaluasi, dll )
Strategi :
v Kegiatan Awal :
ü Guru mengkondisikan kelas agar terasa nyaman.
ü guru memberikan motivasi kepada siswa dengan bernyanyi
lagu berhitung.
ü Guru menggambar
1 bentuknya tongkat.
2 bentuknya angsa.
3 bentuknya telinga
4 bentuknya kursi
v Kegiatan Inti:
ü Guru mengenalkan angka 1,2,3,4, dst dengan
menggunakan angka-angka yang terbuat dari kayu, dalam setiap angka
diberikan tutup botol . Misalnya angka 1 diberikan 1 tutup botol , angka 2
diberikan 2 tutup botol, dst.
ü Guru membantu siswa untuk melafalkan angka 1-5.
ü Guru mengenalkan operasi penjumlahan dan pengurangan
dengan lambang penjumlahan ( + ) dan pengurangan (-)
ü Guru memberikan 5 tutup botol kepada siswa.
ü Guru memberikan contoh menjumlahkan bilangan 1-5
dengan bantuan tutup botol. Setelah mendapat hasil dari penjumlahan guru
menunjukkan lambang angka-angka pada hasil bilangan yang didapat.
ü Siswa mengikuti seperti guru.
ü Setelah siswa paham dengan operasi penjumlahan guru
mengenalkan tentang operasi pengurangan dengan cara yang sama menggunakan tutup
botol.
v Kegiatan Penutup :
ü Guru memberikan soal evaluasi
ü Guru bersama siswa merangkum pembelajaran.
ü Tindak lanjut
v Kegiatan alternatif :
ü Guru bisa menggunakan media-media lain untuk membantu
siswa berhitung selain dengan menggunakan tutup botol seperti batu, kelereng
dan sebagainya.
7. materi : penjumlahan bilangan, pengurangan
bilangan.
8. Media :
1. tutup botol, kelereng, dan batu,
2. Angka-angka yang terbuat dari kayu ( plastik )
9. Tempat : Ruangan Kelas
10. Waktu : 2 x seminggu
11. Evaluasi :
Isilah titik-titik
dibawah ini dengan tepat :
1. + = ........
2. - = ...
3. 4 + 1 =
4. 6 – 2 =
5. 5 + 4 =
12. Siapa yang melakukan :
· Wali kelas atau guru pembantu.
(y)
ReplyDelete