PROGRAM PASCASARJANA S2 PRODI DIKDAS UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
UJIAN MID
SEMESTER GENAP 2013/2014 Mata Kuliah : Asesmen Pendidikan Dasar
Dosen Pengampu : Dr. ALI
SUNARSO, M.Pd.
Jenis dan Sifat
Soal : Esay terstruktur/ take home
Hari/ tanggal/waktu : Jumat/2 Mei 2014/ 09.00 -10.30
Petunjuk
soal :
1.
Jumlah materi soal 10 butir, terbagi 2 kategori. Kategori
I terdiri 5 butir (soal nomor 1,2,
3, 4 dan 5) berbasis konseptual teori.
Kategori II terdiri 5 butir (soal nomor
6,7,8,9 dan 10) soal berbasis aplikasi praktek.
2.
Setiap butir soal pada kategori I dan II masing-masing
butir berbobot score 10, bila saudara dapat
menjawab dengan tuntas dan sempurna, bila ketahuan terdapat jawaban yang
sama bentuk dan redaksi kalimatnya (copy paste)dengan sesama peserta ujian,
maka score 0.
3.
Kerjakan pada lembar kertas HVS diketik. Diperbolehkan tidak urut nomor
yang dikerjakan. Di sudut kanan atas
tulis nama, NIM, Makul yang diujikan, dosen pengampu, tanggal
pelaksanaan ujian, tanda tangan, dan
prodi saudara.
4.
Jawaban dikumpulkan paling lambat 9 Mei 2014, pilih
satu diantara dua alamat berikut : 1.
Ruang Doktor Kantor PGSD Unnes, Kampus Ngaliyan Jl. Beringin Raya No. 15
Wonosari, Ngaliyan, Semarang, 2. (via pos) Dr. Ali Sunarso, M.Pd. Perumahan Gama Asri
Blok J-16, Donokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta telp. 0274-4461576, KP. 555551.
Soal :
1.
Petakan dan
analislah perbedaan ruang lingkup kajian dari istilah- istilah berikut ini yang
berkaitan dengan mata kuliah asesmen pendidikan dasar berikut:
a.
Asesmen b. Evaluasi
c. Tes d. Pengukuran e. Pensekoran
d. Asesesor e. Auditor f. Fit
and proper test.
2.
Setiap evaluasi sebuah program kita mempertimbangkan INPUT-PROCESS-PRODUCT-
OUT PUT-OUTCOME.
a.
Apakah
perbedaan antara keberhasilan proses belajar dan keberhasilaan produk/hasil
belajar?
b.
Jelaskan
berikut dengan contohnya bagaimana kriteria menetapkan tingkat keberhasilan
proses belajar dan tingkat keberhasilan produk/hasil belajar siswa?
3.
Telah kita
pahami bahwa instrument non-tes (afektif/psikomotorik) jarang dipertimbangkan
atau digunakan dalam kegiatan evaluasi atau asesmen pembelajaran padahal hal
tersebut dapat digunakan sebagai solusi asesmen alternative.
Ada 9 jenis asesmen alternative versi McGraw-Hill School Division (dalam
Ibrahim, 2003)
yakni: 1.
Asesmen kinerja (performance assessment),
2. Observasi dan pertanyaan (observation
and Questioning), 3. Presentasi dan diskusi (Presentation and Discussion), 4. Proyek dan investigasi, 5.
Portofolio dan Jurnal, 6. Wawancara (interview) dan konferensi, 7. Evaluasi
diri oleh siswa, 8. Tes buatan siswa, dan 9. PR (Pekerjaan Rumah). Berikanlah contoh operasional bentuk aplikasi asesmen
alternative-asesmen alternative untuk
siswa SD kelas V berikut dengan cara pengevaluasiannya, cukup 5 diantaranya.
4.
Jelaskan apa saja yang menjadi landasan filosofis dan
yuridis dalam Standar Penilaian Pendidikan !
5.
Sebutkan 8
langkah pengembangan tes hasil belajar, berikut dengan contoh secukupnya !
6.
Pada suatu tes berjumlah 50 butir soal yang
terdiri dari 3 tingkat domain kognitif diberi bobot skor sbb:
Pengetahuan
(C1) berbobot 0,5, pemahaman (C2) berbobot 1, dan aplikasi (C3) berbobot
1,5, seorang siswa bernama Anto dapat
menjawab benar 18 butir soal domain C1 dari 20 butir, 12 butir dari 15 butir
soal domain C2, 9 butir soal domain C3 dari 15 butir. Berapakah skor yang
diperoleh Anto bila menggunakan metode pensekoran dengan butir beda bobot?
(Bobot= 25).
7.
Analisis
kasus, Jika 3 butir soal yang hendak
diteskan diujicoba terlebih dahulu, setelah dianalisis diketahui tingkat kesukaran item soal nomor 1 indek
kesukarannya (P) 0,00 – 0.30 (sukar), daya pembeda item soal nomor 2 indek daya
bedanya 0,00 – 0,20 (jelek), fungsi distraktornya pada item soal nomor 3
dipilih siswa kurang dari 5%.
a.
Langkah-langkah
apa saja yang harus saudara tempuh dalam merespon kualitas ke 3 butir soal
tersebut?
b.
Bila tetap digunakan untuk menguji siswa,
criteria siswa yang bagaimana yang cocok untuk tetap diujikan pada soal 1, dan
pada soal 3?
8.
Suatu
perangkat tes matapelajaran IPA terdiri dari beberapa bentuk soal sbb:
Nomor
|
Bentuk
Soal
|
bobot
|
Jumlah item x bobot
|
1 s/d 40
|
Bentuk
pilihan ganda model asosiasi
|
1
|
40
|
41 s/d 65
|
Bentuk
pilihan ganda model melengkapi berganda
|
2
|
50
|
66 s/d 75
|
Bentuk
uraian
|
5
|
50
|
Jumlah St =
|
140
|
Tentukan berapakah
nilai Yono yang mendapat skor 70 apabila menggunakan pendekatan PAP skala-100.
9.
a. Bolehkah
seorang guru membuat laporan hasil belajar siswanya dengan mengkombinasikan
angka, kategori, dan narasi? Jelaskan dengan sekedar contoh pada laporan hasil
belajar seorang siswa kelas III
matapelajaran bahasa Indonesia.
10.
Sebutkan
langkah-langkah melaporkan hasil asesmen dalam prakteknya pada setiap akhir
semester atau akhir tahun ajaran !
SELAMAT MENGERJAKAN
SEMOGA SUKSES !
No comments:
Post a Comment